Saturday 23 October 2010

The History of GSJA Kasih Karunia Tumaluntung

Gereja Sidang-sidang Jemaat Allah masuk ke wanua Tumaluntung tahun 1953, oleh Bpk J.L. Rooroh yang aktif di persekutuan CKC Tomohon, dan beribadah di rumah Kel. Luntungan-Tuwaidan di Tumaluntung dan dilayani oleh Rev. Carblom dan untuk pengembalaan yang pertama diserahkan kepada Pdt Hartimedes Pahu dan selanjutnya digembalakan oleh Pdt Matira Langnga. GSJA Tumaluntung memiliki tanah gereja dilorong Pangemanan sekarang ditempati oleh Kel. Tumundo-Halia dan sekarang oleh Kel. Kandio-Tumundo.
Pada tahun 1963 GSJA Tumaluntung di gembalakan oleh Pdt A.F. Mamahit, Dan langsung membangun rumah ibadah, dan sebagai panitia pembangunan pada waktu itu adalah Bpk J.L. Rooroh, Bpk E. Rooroh, Bpk J.F. Luntungan dan Bpk. Siby Rumambi.
Sementara gereja dibangun, ibadah dilaksanakan dirumah Kel. Togas-Lengkong (Oma Ringking) dan pada tahun 1965 gereja ditahbiskan oleh  Rev. R.M. Devin. Tahun 1967 GSJA Tumaluntung memiliki TK (Taman Kanak-kanak) yang resmi dari pemerintah yaitu : TK Hana dan guru TK tersebut adalah Ibu Fenny Tumbelaka (Almh) dan Ibu Inaray-Tombokan (Almh). Selanjutnya TK tersebut pindah ditanah Kel. Tuerah-Kairupan, pada tahun 1972 Pdt A.F. Mamahit pindah pelayanan di Langoan dan pengembalaan dilanjutkan oleh Pdt F.A. Kilis dan membangun pastori, pada tahun 1987 Pdt F.A. Kilis diganti oleh Pdt L.Z.S. Kaeng (Alm) selanjutnya gereja terus dilakukan tahap membangun dan beribadah dirumah  Kel. Togas-Lengkong   pada tahun 2003 Pdt L.Z.S. Kaeng dipanggil Tuhan dan pengembalaan dilanjutkan oleh Pdt. R.E.S. Kaeng-Mantiri sampai sekarang ini.

No comments:

Post a Comment